Kunjungan Bandara, Memberi Pemahaman Lebih bagi Taruna-taruni

Dalam mempelajari sesuatu kita tidak bisa hanya mengandalkan teori semata. Sering kali kita harus terjun kelapangan dan melakukan praktik untuk mendapatkan pemahaman yang lebih jelas. Hal inilah yang dilakukan taruna-taruni prodi D4 Manajemen Trasnportasi Udara ( D4 MTU). Mereka melakukan kunjungan bandara untuk mendapatkan pemahaman yang lebih jauh tentang dunia penerbangan khususnya tentang kebandarudaraan.

Kegiatan ini merupakan salah satu praktik dari mata kuliah Sistem Transportasi Udara, disini mereka diberikan pengenalan yang lebih tentang kebandarudaraan.

Sebelum melakukan  kegiatan tersebut, para taruna taruni akan berkumpul di hanggar baru. Kemudian para taruna taruni berangkat ke Bandar Udara Adi Sutjipto dengan menggunakan bus STTKD. Bandar Udara Adi Sutjipto dipilih karena bandar udara tersebut merupakan bandar udara internasional yang jaraknya dekat dengan kampus. Hal ini akan memudahkan para taruna-taruni tentunya.

Sesampainya di sana, taruna taruni dibimbing menuju area check in yang bertujuan untuk mempelajari sistem check in bandara. Mereka diberikan materi tentang alat dan barang apa saja yang tidak diperbolehkan untuk dibawa ke dalam sebuah penerbangan seperti pisau, gunting, brasso dan beberapa cairan yang keras maupun yang mengandung logam berbahaya.

Kemudian para taruna taruni dibimbing menuju area dimana mereka bisa melihat langsung dan mempelajari beberapa tugas petugas bandara yang sibuk disekitar Aerodome. Mereka dapat mengamati mobil angkut penumpang, Portable Water Truck, Container Loader, Container Transporter  dan lain-lain serta para marshaller yang sedang berkerja.

Para taruna taruni mendapat pengalaman untuk menaiki mobil angkut penumpang, dimana mereka juga bisa memerhatikan apa yang terjadi disekitar pesawat, bagaimana arus penumpang yang bersiap untuk memasuki pesawat  serta melihat bagaimana pesawat melakukan take-off dan landing. Selama berjalannya proses kegiatan visitasi, para taruna taruni dipandu oleh tim dari PT. Angkasa Pura I Bandar Udara Adi Sutjipto.